Openmic adalah Kunci

Kalau lihat lomba stand up comedy yang terbuka untuk umum, kadang kita menemui satu beberapa peserta yang memakai materi Raditya Dika atau comic lain. Mungkin peserta itu berfikir jika Raditya Dika standup dengan materi itu bisa lucu, dia juga akan lucu kalau membawakannya. Kenyatannya? alih-alih ada yang ketawa, kadang malah ada penonton yang komentar “wes tau..!” (sudah pernah..!) dan lain-lain. Misalkan ada yang ketawa, pun itu karena kasihan 🙂 . Dan bisa dipastikan peserta lomba yang memakai materi orang lain itu bukan anggota dari komunitas stand up comedy atau tidak pernah openmic.

Openmic apaan sih kakak?
Banyak orang salah mengartikan apa itu openmic. Ya, mereka berfikiran openmic adalah sebuah show stand up comedy. Ada benarnya sih, tapi dalam dunia stand up comedy, openmic atau ada yang menyebut sebagai amateur night adalah sebuah acara yang biasanya diadakan oleh sebuah komunitas pecinta stand up comedy sebagai tempat untuk siapa saja yang ingin belajar stand up comedy. Jadi yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa openmic merupakan semacam tempat (test lab) bagi para comic (stand up comedian) untuk mencoba materi atau kemampuan delivery (cara penyampaian). Untuk itulah kenapa dalam setiap open mic, MC atau Host selalu mempersilahkan kepada audience yang ingin mencoba open mic. Jadi buat siapa saja yang ingin belajar stand up comedy boleh boleh saja ikut openmic.

Dalam setiap open mic selalu ditemui comic yang gagal menghadirkan tawa penonton atau bahasa simpelnya tidak lucu. Ini biasa, karena open mic adalah tempat latihan. Yang harus dilakukan seorang comic kalau tidak lucu adalah me rewrite atau menulis ulang materi nya dan dicoba lagi di open mic berikutnya. Tidak heran dalam setiap penampilan seorang comic bisa membawakan materi yang sama berulang-ulang sampai akhirnya berhasil membuat penonton tertawa. Jika sudah disampaikan berulang-ulang tapi kok tidak lucu juga berarti materinya memang tidak lucu. 🙂 Saatnya mencari materi lain.

Kadang ada comic yang sebenarnya materinya lucu, tapi jadi tidak lucu karena delivery atau cara penyampaiannya kurang pas. Hal ini bisa disebabkan karena gugup, kurang persiapan atau bisa jadi karena belum terbiasa. Di openmic lah tempat yang tepat untuk berlatih mengurangi gugup, meningkatkan kepercayaan diri, sekaligus latihan cara menyampaikan materi yang sudah kita persiapkan.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum openmic?
Apa ya? Cuma materi saja kok. Materi disini tentu saja materi yang kita tulis sendiri, bukan materi punya comic lain atau joke joke umum yang sudah beredar di masyarakat atau internet. Materi yang kita tulis bisa dari kegelisahan atau pengalaman pribadi, pengamatan terhadap perilaku orang-orang yang kita anggap lucu, berita dan lain-lain. Kalau sudah ditulis, dihafalkan itu materi, trus dicoba di openmic.

Kalau nggak lucu?
Sering ditemui teman-teman yang ingin belajar stand up comedy nyoba openmic dan gagal, setelah itu tidak pernah datang openmic lagi. Padahal banyak ditemui comic-comic yang bisa lucu setelah mencoba openmic berkali-kali. Bahkan ada juga lho comic profesional tidak lucu waktu openmic, namanya juga latihan sekaligus nyoba materi.
Jadi buat para penonton openmic pun hilangkan ekspektasi berlebih kalau nonton openmic. Lagian gratis ini. 🙂
Kalau mau yang pasti lucu ada tuh stand up show atau stand up night, sebuah pertunjukan stand up comedy sebagai persembahan karya dari comic-comic setelah proses openmic yang sudah dijalani. Biasanya sih berbayar 🙂

Nah, jadi kalau dalam film G 30S PKI ada dialog “jawa adalah kunci” maka dalam stand up comedy ada “openmic adalah kunci”.

Buat yang di Semarang, untuk jadwal openmic dan info kegiatan-kegiatan stand up comedy lainnya cek timeline @StandUpIndoSMG aja atau lihat wall https://www.facebook.com/StandupComedySemarang

Salam manis.


1 responses to “Openmic adalah Kunci

Komentari